Sabtu, 25 Februari 2012



Kabupaten Pamekasan merupakan salah satu dari 4 Kabupaten yang ada di Madura. Untuk mencapai Kota ini, kita harus melewati Kabupaten Bangkalan dan Kabupaten Sampang jika melalui Jembatan Suramadu. Kabupaten Pamekasan mempunyai beberapa tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi yaitu:
- Pantai Talang Siring
- Pantai Jumiang
- Pantai Batu Kerbuy
- Api Tak Kunjung Padam
- Makam Keramat Pasarean Batu Ampar
- Vihara Alokitesvara
- Monumen Arek Lancor yang merupakan monumen perjuangan kepahlawanan Rakyat Madura dalam mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaan Indonesia.
Kali ini saya akan membahas tentang Monumen Arek Lancor,,,
Monumen Arek Lancor Pamekasan adalah monumen perjuangan yang merupakan tugu peringatan kepahlawanan rakyat Madura dalam mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaan Negara Republik Indonesia. Bentuk monumen menggambarkan kobaran api nan tak kunjung padam yang terpencar dari perpaduan senjata tradisional rakyat Madura Arek Lancor sebagai lambang dinamika yang menyala-nyala dari pejuangnya.
Monumen Arek Lancor berdiri tegak diatas landasan yang kokoh melukiskan keteguhan dan kesiap-siagaan rakyat madura dalam menghadapi setiap tantangan.
Monumen Arek Lancor berada dipusat kota sekaligus taman kota pamekasan, terdapat tepat di tengah alun-alun kabupaten Pamekasan madura, Kabupaten pamekasan ini terletak di tengah-tengah pulau madura di antara kabupaten Bangkalan, Sampang dan Sumenep. Letak yang strategis untuk para wisatawan menginap atau berkunjung di pulau Madura ini, dan merupakan salah satu monumen yang terkenal di Pamekasan.
Di sebelah monomen berdiri megah dua tempat peribadatan. Yakni Masjid Jamik Assuhada yang tinggi menjulang dengan dua menaranya berada disebelah barat Monumen Arek Lancor. Atap tinggi dengan model kerucut disebelah timur.
Monomen Arek lancor dimalam minggu adalah lokasi bermain anak-anak, bersantai keluarga, kungkow para kaula muda dan so pasti menjadi area bermesraan bagi beberapa pasangan.
Hiruk pikuk hampir tiap malam minggu.
Berbagai jenis permainan dilakukan disitu mulai dari anak-anak kecil bermain sepeda, ada yang bermain skuter, ada juga yang sekedar menyaksikan keramaian itu.
Dibagian lain menjadi tempat mangkal para pencinta motor pamekasan, mulai dari motor tua dan bisa dikatakan motor antik seperti gank honda cb.
Kadang gabung semua penggemar motor termasuk group motor matik.
Disisi lain terkadang digunakan sebagai area latihan skateboard atau sepatu roda, ngumpul dan unjuk kebolehan dari kumpulan penggemar motor vespa modif. Komplit dech pokoknya aktivitas di Monumen Arek lancor ini.
Sekian dulu artikel tentang Monumen Arek Lancor,,,
sampai ketemu di artikel berikutnya. . .

semoga bermanfaat...

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan sebuah komentar